Sunday, September 27, 2015

Ahok Bakal Jadikan Jakarta Seperti New York dan Tokyo

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana menjadikan kawasan Ibu Kota layaknya kota-kota besar dunia seperti, Tokyo dan New York.
Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan biaya pajak bagi gedung-gedung yang akan memasang Light Emitting Diode (LED) untuk menyemarakkan nuansa malam hari di Ibu Kota.
"LED kan listriknya kecil dan di Jakarta itu malam hari perkantoran makai listriknya kecil sebetulnya, karena AC pada matiin. Nah kenapa pemilik gedung enggak pernah mau pasang? Karena bayarnya mahal, dihitung lima kali biaya pajak billboard," ujar Ahok di Balai Kota, Senin (28/9/2015).
Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, nantinya media luar ruang atau billboard akan dilarang. Selain karena merusak keindahan kota, billboard dapat membahayakan warga lantaran rentan roboh.
"Di ibu kota dunia di mana sih billboard berseliweran gitu? Karena billboard nutupin keindahan kota, di samping itu jelas bahaya kalau roboh," papar Ahok.
"Pemasangan LED di perkantoran kalau dihitung lima kali pajak itu konyol. Itu namanya sengaja pengen main billboard sedangkan pajak billboard bayar enggak bayar, susah kita lacaknya. Terlalu banyak permainan sedangkan LED kan ada lock tayangnya kaya TV," tambahnya.
Suami Veronica Tan ini menuturkan, pembebasan biaya pajak LED nantinya akan dikompensasi oleh pemilik gedung dengan membuka pagar bangunan tersebut. Hal itu lantaran Pemprov DKI akan mengubah pagar tersebut untuk dijadikan trotoar jalanan.
"Kalau kamu pasang kompensasinya apa? Mesti buka pagar agar bikin trotoar. Kamu ya enggak usah bayar selama untuk merk gedungnya. Kalau kamu terima iklan dari orang bagi hasil saja 70:30, jadi kita enggak berdebat lagi nilai strategis reklame," lanjut Ahok.
Kebijakan ini, kata Ahok, dilakukan lantaran dirinya menginginkan DKI Jakarta dapat sejajar dengan kota-kota besar yang ada di dunia. Ia memastikan tidak akan melakukan pelarangan apabila pemilik gedung akan menyalakan LED siang dan malam.
"Siang kalau dia mau nyala juga oke. Bebas kayak Tokyo atau New york lah," tandasnya.
(ris)
Sumber : Okezone.com 
Load disqus comments

0 comments